Minggu, 06 Mei 2012

Kepribadian Bangsa Kita adalah Identitas Kita

KEMBALIKAN RASA NASIONALISME NEGERIKU!!!!! Oleh : M. Fatoni A.S (101014055)


OPINI | 30 December 2011 | 08:39 Dibaca: 115   Komentar: 2   Nihil
Perkembangan zaman yang begitu cepat berimbas juga kepada mengikisnya rasa nasionalisme dalam diri masyarakat indonesia. Tak jarang kita temukan hari ini banyak dari mereka yang terbuai dengan gaya hidup hedonis dan berbau ke-barat - barat-an. Belum lagi sikap mengagung - agungkan produk luar ketimbang produk dalam negeri.
Ketika ada yang mengingatkan mereka mengenai pentingnya menjaga nasionalisme, mereka tak segan untuk bereaksi dan mencap pandangan tersebut sebagai sebuah pandangan yang kolot.
Cukup menggelikan apabila kita melihat sebenarnya yang terjadi pada masyarakat ialah persepsi yang keliru atau salah kaprah. Westernisasi dianggap sebagai modernisasi. Hedonisme dianggap sebagai gaya hidup modern. Seberapa benarkah pandangan tersebut??
Pertama, westernisasi berbeda dengan modernisasi. Westrenisasi ialah upaya mengadopsi nilai - nilai barat sehingga menjadi nilai - nilai yang diakui sebagai nilai - nilai yang kita miliki. Westrenisasi berimbas pada pengikisan nilai - nilai dari kebudayaan kita karena kebudayaan kita memiliki perbedaan yang cukup besar dengan kebudayaan barat. Lalu bagaimana dengan modernisasi?? Modernisasi ialah upaya mengikuti tuntutan perkembangan zaman tanpa melepaskan nilai - nilai kebudayaan yang kita miliki. Proses inilah yang terjadi pada bangsa Jepang pada hari ini. Bangsa Jepang adalah sebuah bangsa yang memegang teguh nilai - nilai yang ditanamkan oleh para leluhurnya. Jadi,sekalipun bangsa Jepang diharuskan membuka diri pada nilai - nilai budaya asing, bangsa Jepang tetap mempertahankan kelestarian nilai - nilai budaya lokal yang juga berguna untuk memfilter dampak negatif dari budaya asing tersebut.
Kedua, pandangan bahwa hedonisme dianggap gaya hidup modern adalah tidak tepat. Sejauh ini pandangan tersebut hanyalah sebuah pembenaran dari mereka - mereka yang terbuai dengan suasana hedonis. Tanpa bersikap hedonis, kita masih bisa mengikuti perkembangan zaman yang sarat akan tuntutan ini. Bahkan tanpa hidup hedonis pun kita bisa menjalani hidup yang lebih baik karena sesungguhnya budaya hedonisme bukanlah budaya lokal yang kita miliki.
Jadi, kunci dari itu semua ada dengan mengembalikan rasa nasionalisme di negeri ini. Bangsa yang besar adalah bangsa yang membanggakan identitas dan jati dirinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar